TEBET BERBEDA DAN MERDEKA 100%







TEBET BERBEDA DAN MERDEKA 100%


Acara ini adalah bagian dari inisiatif Berbeda dan Merdeka 100%. Inisiatif tersebut adalah sebuah gerakan sosial budaya yang dilakukan secara sukarela, menyebar, dan mandiri di berbagai daerah di Indonesia secara serentak di ruang kota masing-masing yang dimulai pada 13 Februari 2011. Berbeda dan Merdeka 100% adalah seruan sederhana untuk mengingatkan semua orang agar tetap menghargai dan memberi ruang bagi perbedaan dan untuk tetap menjadi orang-orang yang merdeka. Inisiatif ini adalah bentuk sikap dan pilihan untuk TIDAK DIAM atas terjadinya berbagai tindak kekerasan yang terjadi baik secara simbolik maupun fisik di tanah air akhir-akhir ini.


I. Diskusi
Jam :15 .00 – 18:00
Tempat: RURUgallery

Sesi I (Komik Surga dan Neraka di Indonesia)

Pembicara: Eka Kurniawan (Sastrawan, Pengamat dan Penggiat Komik) Yoga Mohamad (Mahasiswa Jurusan Filsafat FIB-UI, Pemerhati Komik bertema surga dan neraka)
Moderator : Mirwan Andan (Penelitian dan Pengembangan, ruangrupa)

Komik tidak hanya melulu tentang dunia para pahlawan hebat atau anak kecil yang usil, tapi juga tentang surga dan neraka. Di Indonesia, komik tentang surga dan neraka pernah dibuat oleh, misalnya, KT Ahmar dengan judul Taman Firdaus dan oleh MA. Jaya dengan judul Neraka. Sesi ini membicarakan bagaimana komik bertema surga dan neraka turut mewarnai pengalaman dan persepsi visual kita tentang agama, dunia dan kehidupan setelah mati.

Sesi II (Hibdridasi Dalam Grafis Kemasan)

Pembicara: Arief Adityawan (Pengajar Jurusan Desain Komunikasi Visual, Universitas Tarumanegara dan penulis bukuPropaganda Pemimpin Politik Indonesia : Mengupas Semiotika Orde Baru Soeharto)
Enrico Halim (Pengajar Jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Tarumanegara dan Pendiri Majalah Aikon)
Moderator : Ardi Yunanto (Jurnal Karbon, ruangrupa)

Desain grafis kemasan mungkin tidak terlalu banyak dibahas sebagai sesuatu yang penting dalam perkembangan budaya visual di Indonesia, padahal ia berkembang sesuai dengan konteks sosial, budaya, dan sejarah yang sedang berlaku. Selanjutnya, ia dapat dilihat sebagai sebuah artefak yang memiliki jejak perjalanan, pengaruh dan percampuran budaya yang menarik. Sesi ini akan membahas bagaimana hibridasi dan pengaruh berbagai budaya visual dari luar ke dalam desain grafis kemasan di Indonesia.

II.Musik Berbeda dan Merdeka 100% (Jam Session)
Mulai jam 18:30
Tempat : Ruang RELAX MAN, ruangrupa

III.Pemutaran Film Indonesia Pilihan Bang Jack untuk Para Tetangga.
Jam 19.30 - selesai
Tempat : Rumah Bang Jack (depan RURU)
Programmer: Bang Jack (Warga Tebet)

ruangrupa:
Tebet Timur Dalam Raya no. 6, Jakarta Selatan
021 830 4220

Acara ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut bayaran.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan mengakses situs http://berbedamerdeka100persen.net/

0 komentar: